Monday, May 5, 2008

MEMPROMOSIKAN BLOG

Blog yang sudah kita buat dan selalu kita update dengan naskah-naskah baru tidak akan berarti kalau blog kita tidak di baca oleh orang lain. Maka dari itu kita harus melakukan upaya penyebaran dan marketing untuk blog kita.

Ada banyak cara untuk memasarkan blog. Dua diantaranya adalah dengan menyebarkan ke mailing list dan memanfaatkan site feed.

MENGIRIMKAN NASKAH BLOG KE MAILING LIST

Naskah-naskah yang kita tulis diblog dapat secara otomatis langsung dikirim ke alamat e-mail tertentu setelah kita mengupdate-nya. Feature ini cukup bermanfaat kalau kita ingin memberitahu teman, kolega, atau keluarga lewat e-mail bahwa blog kita sudah ter-update. Hanya saja, feature ini hanya bias mengirimkan naskah blog ke satu alamat e-mail saja.

Kalau kita ingin pemberitahuan ini menyebar ke lebih banyak e-mail, kita perlu terlebih dahulu membuat mailing list atau group yang anggotanya adalah orang-orang yang kita sasar. Gampang kok. Ada banyak layanan gratis untuk membuat mailing list atau group seperti google (http://groups.google.com) atau yahoo! (http://groups.yahoo.com).

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat mailing list untuk keperluan ini:

  1. Pastikan alamat e-mail yang kita pakai ketika membuat mailing list ini sama dengan alamat e-mail yang kita pakai ketika kita mendaftar diblogger.
  2. kalau maling list ini hanya dipakai untuk menyebarkan informasi dari kita saja, bukan berdiskusi, pilihlah opsi yang hanya memperbolehkan kita sebagai moderator atau pemiliknya untuk mengirimkan pesan.

Pada saat kita sudah mailing list sendiri, kita harus menentukan setting blog supaya setiap kali kita mengupdate blog, maka semua anggota mailing list itu tahu perubahan dan penambahan naskah dib log kita/

  1. masuklah ke bagian setting, dengang mengklik tab setting
  2. klklah link bertuliskan email
  3. pada lajur blogsend address, masukkan alamat e-mail mailing list kita.
  4. klik ikon save setting.

Selesei. Mulai sekarang, setiap kali kita mengupdate naskah-naskah dib log kita, semua anggota mailing list itu akan mendapatkan pemberitahuan. Ini cara yang cukup efektif untuk memasarkan blog kita.

SITE FEED: MEMASOK PIHAK LAIN DENGAN NASKAH KITA

Cara paling gampang untuk menyebarluaskan isi blog kita adalah memanfaatkan fasilitas site feed yang disediakan oleh blogger. Dengan teknologi XML (Extensible Markup Language), fasilitas site feed memungkinkan pihak lain menampilkan isi blog kita secara otomatis. Dengan site feed, orang tidak perlu mengunjungi blog kita untuk membaca naskah-naskah karya kita. Para pembaca bisa menikmati naskah kita di situs web yang disediakan oleh pihak lain yang mendapat pasokan naskah kita, atau membacanya dari software khusus yang disebut aggregator.

Untuk mengaktifkan site feed blog kita:

  1. Masuk ke bagian setting, dengan mengklik tab setting
  2. klik link site feed.
  3. Pada lajur Allow Blog Feed, pilihlah Full atau Short. Jika kita memilih opsi Full, maka naskah lengkap kita sudah bisa ditampilakan oelh pihak ketiga dib log atau situs web, atau aggregator lainnya. Jika kita pilih opsi short, maka hanya sebagian naskah kita yang akan ditampilkan.
  4. Kalau kita punya account Adsense Google, masukkanlah kodenya pada lajur Feed Item Footer. Kalau tidak, biarkan lajur itu kosong.
  5. Tekan tombol Save setting.

Pengaktifan Site Feed sudah selesai. Di halaman blog kita akan muncul keterangan Subscribe to: Post (Atom). Keterangan ini disertai dengan link alamat feed dari blog kita. Dari bunyi keterangan tadi, sudah jelas terlihat bahwa format sindikasi yang diberikan adalah Atom.

No comments: