Tuesday, April 22, 2008

Manfaat Blog

Apa itu blog dan apa bedanya dengan website??
sebenarnya blog itu sendiri adalah sebuah website. Tetapi blog berbeda dengan website.
Trus apa bedanya???
Menurut Yaro Starak dalam Ebook Blog Profit Blue Print Ini dia Perbedaanya..

1. Artikel di tampilkan secara kronlogis dengan artikel paling baru berada paling atas.
Ini adalah bagian yang paling konsisten dari setiap blog yang pernah saya kunjungi. Artikel
ditampilkan dengan sedikit cuplikan dari isi, dimulai dari bagian atas untuk artikel yang
paling baru diikuti kemudian dengan artikel yang lebih lama, dan seterusnya.
Format ini adalah warisana dari aspek “jurnalistik” dari blog yang merupakan diary online
atau jurnal. Diary mempunyai isi yang dibuat berdasarkan tanggal dan begitu pula blog
bekerja.
Meskipun blog mempunya gaya seperti cerita jurnalistik, hal perting yang perlu di perhatikan
adalah saat ini tidak semua blog merupakan diary dan bukan tentang kehidupan prinbadi
dari sang penulis. Beberapa blog masih merupakan hasil pemikiran seorang penulis – blog
saya juga, tapi saya tidak bercerita tentang kucing saya atau apa yang saya makan waktu
sarapan tadi. Saya tetap pada topik yang sudah dipilih, tentang bisnis internet dan blogging,
dan orang-orang yang tertarik pada kedua topik tadi datang untuk membaca blog saya.
Blog saat ini bisa mengenai bermacam subjek, ditulis oleh seorang atau banyak orang dan
tentunya semua itu bukanlah diary pribadi. Refleksi pribadi, opini dan suara semuanya
sudah menjadi bagian dari blog, tapi itu semua tidak mempengaruhi nafas dan jangkauan
dari cakupan topik.

2. Mudah untuk menambahkan konten baru
Website normal mempunya satu masalah kronis yang menghalangi orang untuk
menambahkan konten baru – yaitu terlalu teknis. Meskipun sudah CMS (Content
Management System) yang canggih, pembuatan website masih diluar jangkauan pengguna
web umumnya.
Blog sudah mengubah hal ini. Mereka menyediakan sebuah sistem publikasi konten yang
begitu mudah digunakan oleh kebanyakan pengguna web, dengan sedikit latihan, mereka
bisa mempublish konten ke World Wide Web. Ketika publikasi konten menjadi semudah
menulis email, kendala untuk masuk sudah sangat rendah dan saat ini kita mempunya
sebuah dunia yang terisi juataan blog.

3. Konten sering terupdate
Masalah besar lain yang menjadi wabah pada website tradisional adalah sifat statis mereka.
Kebanyakan website tidak pernah berubah dan anda selalu kembali ke halaman-halaman
yang sama dengan isi yang sama. Alasan untuk hal ini adalah poin ke dua di atas – sangat
sulit bagi kebanyakan orang untuk menamahkan konten pada sebuah website.
Tentu, beberapa situs popular sering terupdate sebelum blog muncul, tapi dibelakang
mereka ada organisasi besar dengan staf teknis dan para penulis, atau dikelola oleh orangorang
yang mengerti sesuatu seperti HTML, FTP dan server web. Kebanyakan orang tidak
bisa berbicara dengan bahasa itu dan sampai blog muncul sangat sulit bagi kebanyakan
orang untuk mempublikasikan ide-ide mereka secara online.
Blog sudah mengurangi masalah untuk mempublikasi sehingga membantu kebanyakan
orang untuk melakukannya. Sebagai hasilnya Web saat ini dipenuhi dengan produser
konten (para blogger) menulis dan mempublikasikannya secara reguler, kadang beberapa
artikel per hari. Website dulu tidak pernah sedinamis blog sekarang.
Efek lain dari kebangkitan blog pada mesin-mesin pencari. Mesin pencari seperti Google
memberikan penghargaan kepada konten yang bernilai dan konsisten. Secara alami blog
melakukannya (dg asumsi dijalankan oleh blogger yg termotivasi) dan kemudian mendapat
rangkin tinggi disearch engine.
Sebagai hasil dari “mencuri” rangking di mesin pencari papan atas, blog mendapatkan
perhatian lebih banyak, mendapatkan fokus dari para pemasar internet dan pemilik bisnis
karena mereka melihat blog sebagai alat pemasaran yang potensial untuk produk dan
layanan mereka.

4. Blog mengijinkan orang untuk meninggalkan komentar.
Evolusi besar yang bisa dilihat dari blog dibandingkan dengan website tradisional adalah
tambahan fungsi komentar. Disetiap artikel yang di publiskasikan di blog mempunyai kotak
yang mengijinkan siapapun untuk memberikan kontar pada artikel tersebut.
Perubahan itu mengubah website dari layanan broadcasting satu arah, menjadi alat
komunikasi dua arah. Para pembacanya bisa dengan mudah berkomunikasi dengan penulis
konten, membawa pembicaraan yang dimulai dari sebuah artikel menjadi sebuah
komunitas.
Poin terakhir ini lebih powerfull dari yang anda pikirkan, dan inilah jawabannya...

5. Orang-orang “mempercayai” blog lebih dari website normal karena blogging
adalah pembicaraan.
Jika anda mengkombiasikan seleuruh elemen dia atas – penulisan gaya jurnal pribadi,
kemudahan untuk menambahkan konten yang menyebabkan sering terupdate, dan
kemampuan untuk berinteraksi denga para pembaca anda – anda punya formula untuk
sebuah alat komunikasi yang sangat natural.
Blog, secara alamiah, bisa diandalkan sebagai sumber informasi yang terpercaya. Mereka
menumbuhkan hubungan antar manusia dan, sebagai efek samping dari banyaknya blog
sekarang, beberapa blogger di terima sebagai ahli yang disegani, meskipun itu benar
ataupun tidak, murni dibelakang blog mereka sukses.
Karena itulah seseorang dengan modal semangat, hobby, atau keahlian tertentu, dan cukup
termotivasi untuk menghasilkan konten tentang sebuah topik, dapat menarik audiennya,
monetize traffic itu, dan mendapatkan potensi untuk prefesional blogging.

Nah udah tau kan manfaat dari blog..
Yoo Sekarang berblog ria

1 comment:

wong Prolink said...

hytekq kok g' di link le,jenengq "orenglinggo"
ojo lali